Kamis, 15 September 2016

Review : Ini Kisah Tiga Dara (2016)

"Saya kepengen punya cicit dong. Cicit. Ci.. Cicit" - Oma

Tiga Dara (1956) yang disutradarai oleh Usmar Ismail begitu populer di masanya dan para pemainnya pun menjadi terkenal setelah membintangi film musikal yang pernah ditayangkan di Festival Film Venesia 1959 ini. Nah, di tahun 2016 ini, Nia Dinata mengeluarkan sebuah film baru yang terinspirasi dari film Tiga Dara berjudul Ini Kisah Tiga Dara.

Ini Kisah Tiga Dara menceritakan tentang Tiga Dara (Gadis, Ella, Bebe) yang sudah lama tinggal bersama sang Ayah (Ray Sahetapy) di Maumere, Flores Timur sejak sang ibu meninggal dunia. Sang Oma (Titiek Puspa), juga tidak ketinggalan dibawa mereka ke kota yang indah ini.

Oma, sebagai sosok matriach di dalam keluarga ini, begitu panik melihat cucu-cucunya yang begitu sibuk dengan pekerjaan mereka dan belum memiliki jodoh sampai sekarang. Akankah kali ini sang Oma bisa bahagia melihat Gendhis (Shanty Paredes), Bebe (Tatyana Akman), dan Ella (Tara Basro) memiliki jodoh yang pas untuk mereka? Tonton segera Ini Kisah Tiga Dara di bioskop terdekat.

Ini Kisah Tiga Dara bisa dibilang sebagai film yang fresh di tengah gempuran film-film Indonesia bergenre horror, romance, dan komedi. Nia Dinata sebagai sang sutradara tau mau membawa film ini ke mana. Teh Nia berhasil menciptakan shot-shot indah dan memperlihatkan sisi lain dari kota Maumere, Flores Timur. Dari segi naskah yang ditulis Teh Nia dan Lucky Kuswandi, mungkin akan terasa biasa saja. Tapi yakinlah walaupun biasa saja naskahnya, film ini banyak memiliki dialog-dialog yang sangat quotable dan akan mengena untuk penontonnya. Apalagi buat kamu yang lagi single atau malah sedang dimabuk asmara.

Dari segi akting, akting Shanty Paredes, Tara Basro, Rio Dewanto dan Titiek Puspa sepertinya tidak perlu dikomentari lagi. Mereka tau porsi mereka dalam memerankan karakter mereka. Sayangnya, akting Reuben Elishama dan Richard Kyle terlihat biasa saja dalam film ini. Mereka terlihat tidak begitu mendalami karakter yang sudah diciptakan Teh Nia & Lucky Kuswandi untuk mereka. Saya juga mau kasih applause untuk Tatyana Akman, nih. Walaupun baru membintangi Ada Apa Dengan Cinta? 2 tapi di film ini ia terlihat sangat enjoy dan begitu meresapi karakter Bebe. Oh iya, kalian pasti tau dong Joko Anwar? Nah, kalau kalian pengen liat gimana sutradara film Thriller / Horror ini bernyanyi dan menari jangan lupa tonton Ini Kisah Tiga Dara. Gesture bang Joko waktu menari di film ini kocak banget!

Karena Ini Kisah Tiga Dara adalah sebuah film musikal, maka tidak lengkap rasanya kalau kita tidak membahas lagu-lagu yang ada di film ini. Ini Kisah Tiga Dara diiringi oleh 12 lagu yang semuanya dinyanyikan oleh para cast (Titiek Puspa, Shanty, Tara Basro, Tatyana Akman, Reuben Elishama dan Rio Dewanto). Semua lagu sangat past dengan scene-scene di film ini. Titiek Puspa, Shanty, Reuben dan Rio Dewanto mungkin sebelumnya sudah kita liat kemampuan mereka dalam bermusik dan bernyanyi. Jadi, untuk mereka semua rasanya tidak perlu dikomentari kemampuan mereka untuk bernyanyi dalam film ini! Tara Basro dan Tatyana Akman yang terlihat baru bernyanyi di dalam film ini, ternyata punya kemampuan bernyanyi yang oke juga. So, after all, i recommend you all to watch this movie.

Cast : Shanty Paredes, Tara Basro, Tatyana Akman, Reuben Elishama Hadju, Rio Dewanto, Richard Kyle, Ray Sahetapy, Cut Mini
Director : Nia Dinata
Writer : Nia Dinata & Lucky Kuswandi
Production Companies : SA Films & Kalyana Shira Films

Rating :
3.5/5

Movie Still :











Tidak ada komentar:

Poskan Komentar