Minggu, 30 Desember 2012

Feature : Why I Love Movies?


Kalau muncul pertanyaan itu, mungkin jawaban saya adalah karena orang tua saya. Kenapa orang tua?. Karena mereka yang pertama kali memperkenalkan saya akan dunia film. Film pertama yang saksikan di bioskop bersama orang tua itu adalah Jurassic Park, arahan sutradara kawakan Steven Spielberg. Dan melalui film itu,  perjalanan saya mengenal dunia ini baru saja dimulai. Menonton film tidak hanya melalui layar lebar, tapi juga melalui format home video mulai dari betamax hingga akhirnya DVD itu muncul. Di umur yang masih muda, mungkin belum begitu mengenal siapa yang “benar – benar” sutradara. Kadang menonton sebuah film, itu disebabkan karena mengikuti hype yang ada.

Kamis, 27 Desember 2012

Review : Habibie & Ainun (2012)



Gula jawa telah menjadi gula pasir – Baharuddin Jusuf Habibie. Cinta itu tidak ada yang namanya kebetulan, karena memang ada “jalan” yang akhirnya mempertemukan. Dan cinta akan selalu berjalan dengan mulus, apabila kita memang memulainya dengan ketulusan. Hal itu yang terjadi kepada pasangan pak Habibie (Reza Rahardian) dan ibu Ainun (Bunga Citra Lestari). Mereka sejak kecil memang sudah teman satu sekolah, sempat dekat pula. Tapi disaat itu seorang sosok Habibie begitu malu untuk menyatakan cintanya kepada Ainun. Setelah ia menyelesaikan kuliahnya di Jerman, ia baru kembali ke kota asalnya Bandung dan bertemu kembali dengan Ainun. Dari saat itulah tumbuh benih – benih cinta diantara keduanya. Sampai akhirnya Habibie, mengajak Ainun menikah dan membawanya ke Jerman menemani dirinya menitih karier disana.

Minggu, 23 Desember 2012

Review : The Hobbit : An Unexpected Journey (2012)



I'm looking for someone to share in an adventure. – Gandalf. Mendengar nama Peter Jackson, pasti yang akan muncul di kepala anda pasti sebuah film yang mewah. Keberhasilannya menyutradarai King Kong dan trilogy Lord Of The Rings, membawa persepsi hal “mewah” itu kepada anda. Baru – baru saja, ia menyutradarai The Hobbit : An Unexpected Journey. Film ini merupakan part pertama, dari trilogy The Hobbit dan akan berakhir di tahun 2014. Diceritakan Bilbo Baggins (Martin Freeman), yang berumur 111 tahun dan ia ingin menceritakan kembali mengenai kisahnya 60 tahun lalu. Ia menceritakan bagaimana masa mudanya, bertemu dengan Gandalf (Sir Ian Mckellen) dan petualangannya bersama para kurcaci “The Dwarfs” dimulai. Perjalanan tersebut dipimpin oleh Thorin Oakenshield (Richard Armitage). Mereka sedang perjalanan menuju gunung Lonely. Perjalanan mereka tidak lancer begitu saja, ada saja rintangan/halangan yang muncul. Bilbo tidak diterima begitu saja, ada saja yang tidak suka dengannya sampai ia pun ingin berniat balik ke tempat tinggal / desa tempat ia berdiam.

Jumat, 21 Desember 2012

Review : Sinister (2012)



Oh my god, it's the missing kids.- Ellison. Seorang penulis, kadang memang memerlukan observasi untuk menghasilkan sebuah tulisan yang baik. Hal itu pula yang coba dilakukan oleh Ellison Oswalt (Ethan Hawke), yang sukses dengan novel best sellernya; Kentucky Blood. Ellison bersama sang istri dan kedua anaknya, pindah ke sebuah rumah yang ternyata pernah menjadi tragedi kriminal. Dirumah itu pula, Eliison mencoba mengungkap apa yang sebenarnya terjadi terhadap keluarga di rumah itu dan beberapa keluarga lain yang memiliki kasus yang tidak jauh berbeda. Tapi semenjak ia memulai observasi ini, beberapa kejadian aneh mulai terjadi. Kejadian itu tidak hanya terjadi pada dirinya, tapi juga terhadap anak – anak Ellison. Kenapa itu bisa terjadi, padahal Ellison berniat baik datang kerumah itu untuk melahirkan buku best seller lagi.

Sabtu, 15 Desember 2012

Review : Pitch Perfect (2012)



I'm gonna finish him like a cheesecake. – Fat Amy. Mendengar title dari film ini sendiri pun, pasti anda sudah mengira akan apa yang dibahas dalam film ini. Pitch Perfect menceritakan tentang kompetisi para kelompok acapella antar universitas. Tetapi ada satu universitas, yang memang sedari dulu sudah tidak bersahabat yaitu The Treblemakers dan Barden Bella dari Barden University. Ada kejadian yang sangat lucu diawal film mulai yang terjadi pada Aubrey (Anna Camp), leader dari Barden Bella. Karena kejadian itu pula, tidak ada yang mau bergabung kedalam kelompok acapella yang beranggotakan para wanita ini. Dalam penerimaan mahasiswa baru, Barden University mengadakan pameran komunitas. Disitu ada stan – stan komunitas yang ada, ada pula Barden Bella dan The Treblemakers. Beca (Anna Kendrick) yang baru berkuliah di Barden University, akhirnya mengikuti audisi yang dihadiri oleh Barden Bella dan para komunitas / kelompok acapella yang ada. Semuanya berawal dari ketidaksengajaan, ketika itu Beca sedang bernyanyi ditengah ia mandi tapi ternyata ada anggota Barden Bella yang mendengar suaranya. Setelah itu pula ia diajak untuk mengikuti audisi yang diadakan.

Selasa, 04 Desember 2012

Review : Beloved (2011)

Kisah cinta mungkin bisa berbeda antara satu orang dengan orang yang lain. Tapi apa jadinya, jika yang dialami itu bisa juga sama walau terjadi beberapa puluh tahun kemudian? Tema itulah yang diangkat dalam film yang disutradarai oleh Christophe Honore; Beloved (Les Bien Aimes). Diawali dengan sebuah kisah, dimana seorang wanita bernama Madeline yang bekerja di sebuah toko sepatu. Ia kemudian bertemu dengan seorang pria yang telah mencuri sepatu di toko miliknya dan mengikuti kemana pria tersebut pergi. Ternyata ia mengajak Madeline ke sebuah rumah bordil. Dari saat itulah, Madeline (Ludivine Sagnier) memulai pekerjaan paruh waktunya sebagai seorang pelacur. Karena pekerjaan paruh waktunya, ia bisa bertemu dengan seorang pria, yang kemudian dijadikan suami olehnya; Jaromil (Radivoje Bukvic). Pertemuan Jaromil sebenarnya karena Jaromil mengetahui, kalau Madeline dapat “melayani” dari temannya. Setelah itu perjalanan cinta mereka berjalan maju, hingga akhirnya berumah tangga. Kemudian lahirlah seorang bayi berjenis kelamin wanita, bernama Vera (Chiara Mastroianni). Vera semakin lama, tumbuh menjadi sosok yang cantik.

Senin, 03 Desember 2012

Review : Life Of Pi (2012)



All of life is an act of letting go but what hurts the most is not taking a moment to say goodbye. – Pi Patel. Life Of Pi bukanlah film tentang matematika, atau bukan asal usul dari 22/7 sama dengan 3,14.  Tapi memang nama Pi sendiri yang diambil oleh Piscine Patel (Suraj Sharma) dari teori tersebut. Piscine Patel adalah anak dari seorang pemilik hotel & kebun binatang mewah di daerah Pondicherry. Pi tumbuh dalam agama Hindu, tapi ketika menginjak umur 14 tahun ia mulai mencoba mengenal agama Islam dan Kristen untuk mencari yang namanya Tuhan. Karena biaya yang terlalu mahal dalam mengurus kebun binatang, ayah Pi memutuskan untuk pindah dari Pondicherry ke Kanada. Ketika perjalanan menuju Kanada, ada saja ujian yang harus dihadapi oleh Pi bersama sang kakak dan kedua orangtuanya. Namun ternyata Pi harus lebih menjalani kehidupan yang lebih menyedihkan, Pi harus kehilangan anggota keluarga karena karamnya kapal yang ditumpangi oleh ia beserta keluarganya. Pi harus menjalani waktu yang lama diatas sekoci dan mengarungi lautan bersama seekor macan bernama Richard Parker, orang hutan yang dipaggil Pi dengan nama Orange Juice, seekor hyena dan seekor zebra. Tapi akankah ia berhasil menjalani hidupnya diatas lautan, hanya ditemani hewan dan tanpa ada yang mengerti apa yang dibicarakannya. Apalagi mungkin saja bisa ada badai datang, yang bisa memutar balikan sekoci yang ditumpanginya.

Minggu, 02 Desember 2012

Event : What's Next After Blogging bersama Muvila.com





Pada tanggal 2 Desember 2012, bertempat di Kineforum TIM telah diadakan sebuah workshop untuk para movie blogger dengan tema; What’s Next After Blogging. Acara ini diadakan oleh Muvila.com dan merupakan bagian dari acara Festival Sinema Prancis 2012, yang akan berjalan mulai dari tanggal 8 hingga 10 Desember 2012 di Jakarta.  Menghadirkan pembicara – pembicara yang memang memiliki pengalaman dalam dunia blogging, membuat saya sangat excited untuk menghadiri acara ini. Pembicaranya ada tiga orang, dua diantaranya kini berkecimpung dalam dunia scriptwriting dan yang satu adalah seorang editor dari Muvila.com, yaitu : Gina S.Noer, Haqi Achmad dan Angga Rulianto.