Jumat, 30 Desember 2011

Review : Sherlock Holmes : A Game Of Shadows (2011)

  
I'm knee-deep in the single most important case of my career. - Sherlock Holmes. Holmes dan Watson akhirnya kembali dengan kisah yang baru dan tentunya penuh dengan teka - teki. Mereka kembali dalam film berjudul Sherlock Holmes : A Game Of Shadows. 2 tahun rentang waktu antara film pertamanya dan yang kedua ini. Di sequelnya ini peran Sherlock Holmes dan Dr. John Watson masih dibintangi oleh Robert Downey Jr. dan Jude law, yang buat beberapa orang mereka terlibat bromance. Dan si cantik McAdams kembali juga kedalam film kedua dari Sherlock ini dan masih memerankan karakter Irene Adler. Untuk sequelnya ini, Warner Bros masih mempercayakan Guy Ritchie sebagai sutradara.

Film dibuka dengan pertemuan Adler (Rachel McAdams) bersama Holmes (Robert Downey.Jr). Dari pertemuannya itu Holmes berhasil, menggagalkan rencana jahat melalui sebuah paket yang dikirimkan melalui Adler kepada seseorang. Namun dari kegagalan rencana tersebut, nyawa Adler pun melayang. Tapi holmes tidak mengetahui bahwa wanita pujaannya itu telah tiada. Kemudian datanglah Dr. James Watson (Jude Law) ke tempat tinggal milik Sherlock. Watson ternyata akan segera menikah dengan seorang wanita, kemudian Holmes merencanakan untuk diadakannya pesta bujang. Namun ternyata pertemuan Watson dengan Holmes menghadirkan suatu masalah, ia harus terlibat dalam kasus yang sedang terjadi. Hingga sampai perkawinannya selesai Watson bersama sang istri, Mary Watson (Kely Reily) harus terlibat. Tapi siapakah sebenarnya, yang membuat nyawa Adler melayang dan memanfaatkannya?

Kalau untuk menilai mana yang lebih bagus, yang pertama atau yang kedua? Jujur, saya lebih suka filmnya yang pertama. Di film pertamanya yang berjudul Sherlock Holmes (2009), Ritchie menampilkan sesuatu yang dark dan penuh dengan teka - teki yang begitu sulit ditebak. Tapi itulah bagaimana seharusnya film Sherlock Holmes, yang kedua ini terjadi berbeda dengan yang pertamanya. Di sekuelnya ini pula, Ritchie menampilkan beberapa adegan dalam slow - motion. Tapi nyatanya porsinya terlalu banyak dan cukup membuat saya cape melihatnya. Seandainya hal itu dihadirkan dalam porsi yang sewajarnya, maka akan ternilai pas. Walaupun memang dengan adegan slow motion, menurut saya terlihat begitu indah dan detail setiap movement begitu menarik untuk dicapture oleh mata kita / penonton. Untuk akting ga perlu lagi dibincangkan sepertinya, Robert Downey Jr dan Jude Law memang sudah cocok dengan karakter mereka di film ini. Walaupun McAdams tampil hanya sebentar di film ini, namun kehadiran Noomi Rapace lumayan menggantikan. Rapace walaupun terlihat lebih wanita, dibandingkan di Millenium Trilogy tapi disini ia tetap beradegan fight dan terlihat menggunakan senjata dengan begitu sempurna. Musiknya juga oke, musik orchestra dengan sentuhan - sentuhan Irish di dalamnya. Walaupun beberapa rating disana - sini jeblok tapi atas pandangan saya, film ini masih layak kok untuk anda saksikan.

Cast : Robert Downey Jr, Jude Law, Noomi Rapace, Rachel McAdams
Director : Guy Ricthie

Rating :
3/5

Movie Still :
























Selasa, 27 Desember 2011

Review : Drive (2011)


Hey kid, you want a toothpick? - Driver. Melihat sebuah film berjudul Drive, pasti beberapa orang akan mengharapkan aksi kebut - kebutan ala The Fast And The Furious, yang didalamnya terdapat wanita - wanita seksi dan taruhan uang. Tapi ternyata dugaan beberapa orang mungkin akan salah terhadap film yang dibintangi oleh Ryan Gosling ini. Diceritakan tentang seorang pria yang berprofesi sebagai seorang stunt driver untuk film, yang kemudian melakukan kontrak untuk menjadi seorang pengemudi nascar dan malah membawanya kedalam sebuah peristiwa yang tidak pernah ia bayangkan sebelumnya.

Penonton tidak hanya akan melihat bagaimana aksi seorang Ryan Gosling dibelakang kemudi, namun akan disajikan pula bagaimana timbulnya benih - benih cinta antara Driver dengan Irene yang diperankan oleh Carey Mulligan. Irene sebenarnya, seorang wanita yang merupakan tetangga dari Driver di apartemen. Irene telah memiliki seorang anak dan suaminya terjerat kasus dan menekam di balik jeruji besi.

Drive tidak hanya dibintangi Gosling dan Mulligan, film ini pun turut menyertakan Albert Brooks, Oscar Isaac, Christina Hendricks dan Ron Perlman. Untuk yang menangani penyutradaraannya adalah Nicolas Winding Refn, yang sebelumnya menyutradarai Valhalla Rising di tahun 2009 dan Bronson bersama Tom Hardy di tahun 2008.

Film ini sukses membuat saya tidak pernah membayangkan jika filmnya akan gokil, never expected lah pokoknya. Unsur drama dan actionnya pun saya rasa sudah pas, penggambaran kisahnya sudah berjalan baik. Namun sayangnya alur yang begitu lambat, menimbulkan kejenuhan di saya ketika menyaksikan film ini. Akting Gosling memang tidak perlu diragukan kembali, setiap film yang ia bintangi di tahun ini selalu terlihat baik. Begitupun dengan Mulligan yang mampu mengimbangi, kualitas akting dari seorang Ryan Gosling. Chemistry diantara mereka pun, terbangun dengan baik. Soundtrack dari film ini bener - bener enak banget, setiap lagu yang ditaruh di setiap scene oleh sang penata musik terasa begitu menyatu. Musik yang dihadirkan pun terdengar sangat electronic dan berbau tahun 80an. Belum pernah saya menyaksikan film - film arahan Nicolas sebelumnya, tapi menurut saya Drive adalah representasi dari karya - karyanya. Kamera bergerak begitu cepat ketiga ada adegan gory atau adegan action. Dan penilaian dari saya jika Nicolas telah mendirect film ini dengan baik. Intinya Drive adalah sebuah film yang tidak hanya ada actionnya tapi juga ada drama serta gory-nya.

Cast : Ryan Gosling, Carey Mulligan, Ron Perlman
Director : Nicolas Winding Refn

Rating :
3.5/5

Movie Still :
























Rabu, 21 Desember 2011

Review : Mission Impossible - Ghost Protocol (2011)


Mission accomplished! - Ethan Hunt. 5 tahun setelah penayangan film ketiga-nya, kini Ethan Hunt kembali dalam misinya dalam lanjutan franchise yang selalu sukses di pasaran ini; Mission Impossible - Ghost Protocol. Film keempat ini mengawali ceritanya dengan sosok Ethan Hunt (Tom Cruise) yang berada di sebuah penjara di Moscow, Rusia. Dan kemudian ia menjalankan misi bersama dua agen lainnya Benji (Simon Pegg) dan Jane (Paula Patton), yang juga membantu dalam proses pembebasannya. Mereka menjalankan sebuah misi, yaitu mengambil dokumen - dokumen rahasia yang berisi kode untuk melancarkan serangan nuklir. Tapi ternyata dalam prosesnya mereka terhambat. Karena tiba - tiba saja ada seseorang yang berhasil masuk dalam jaringan komunikasi mereka, kemudian berpura - pura menjadi salah satu anggota dari aksi yang dilakukan Ethan Hunt. Kremlin tempat dimana mereka menjalankan aksi kemudian meledak, Ethan pun ditangkap. Namun apakah Ethan berhasil lolos dari peristiwa penangkapan tersebut dan menemukan kembali dokumen yang hilang?

Film yang mengambil lokasi syuting di Dubai, India dan Russia ini masih dibintangi oleh Tom Cruise. Selain Cruise, ada Simon Pegg yang juga bersama - sama dengan Tom Cruise di Franchise film ini yang ketiga. Tidak hanya mereka berdua, film yang mengandung aksi yang memukau ini juga dibintangi si cantik Paula Patton dan Jeremy Renner. Kalau mendengar nama sutradaranya pasti anda akan kaget, karena sebelumnya karier sang sutradara lebih banyak menyutradarai film animasi milik pixar ; Brad Bird.

Mission Impossible - Ghost Protocol, memiliki cerita yang menarik untuk diikuti oleh para penonton / orang yang menyaksikannya. Namun sayang ada beberapa bagian dari cerita yang saya nilai masih kurang. Yang menarik dari film ini adalah teknologi nan canggih yang bisa kita lihat dari lcd yang ditempelkan USB, kemudian menampilkan data yang ada didalamnya. gokilll. Selain itu ada mobil BMW yang di kacanya bisa menampilkan GPS dan masih banyak lagi, kecanggihan - kecanggihan yang membuat saya sendiri tercengang ketika melihatnya. Akting dan performa Tom Cruise masih prima, walaupun umurnya yang semakin menua. Paula Patton yang mungkin kita kenal lewat perannya di Precious sebagi seorang pengajar, disini ia lebih terlihat maskulin dan ahli menggunakan senjata api. Bisa dibilang Paula adalah the next Zoe Saldana. simon Pegg, komedian satu ini memang terkenal dengan jokes - jokes di setiap filmnya, termasuk di film ini. Brad Bird sebagai seorang sutradara, mampu mengeksekusi cerita dari awal hingga akhir dengan begitu baik. So, MI : Ghost - Protocol adalah film action dengan bumbu komedi yang pas dan juga settingnya yang begitu indah. Mission Impossible - Ghost Protocol, menjadi layak untuk anda saksikan.


Cast : Tom Cruise, Paula Patton, Simon Pegg, Jeremy Renner
Director : Brad Bird

Rating :
3.5/5

Movie Still :