Selasa, 26 Juli 2011

Review : Moon (2009)


Gerty, is there someone else in the room? - Sam Bell. Duncan Jones yang akhir - akhir ini sukses membuat para movie freak di Indonesia dengan filmnya berjudul Source Code. Sebelum film Source Code ternyata ia telah menyutradarai sebuah film berjudul Moon. Dalam film Moon diceritakan tentang masa depan bumi yang membutuhkan sumber tenaga Helium 3 yang memang harus didatangkan secara langsung dari bulan, untuk itu sebuah perusahaan bernama Lunar Industries memperkerjakan seorang pria bernama Sam Bell (Sam Rockwell). Sam Bell bertugas menjadi operator / yang mengawasi bagaimana proses pengambilan Helium-3 di Bulan. Untuk itu Sam Bell dikontrak oleh perusahaan ini selama 3 tahun. Selama di bulan, Sam hanya ditemani oleh sebuah robot yang selalu siap sedia menemani Sam bernama Gerty (Kevin Spacey). Jujur selama di bulan hanya Gerty lah teman berkomunikasinya. Untuk mengetahui kabar istrinya pun, harus melalui sebuah video yang dikirim dari pusat tempat ia bekerja.

Mendekati akhir - akhir masa pekerjaannya, ia mengalami halusinasi-halusinasi yang akhirnya mengakibatkan Sam mengalami kecelakaan yang cukup serius dan membuat Sam tidak sadarkan diri. Setelah sadar ia sudah berada di ruang perawatan. Dan mulai disinilah ia tidak hanya bertemu dengan Gerty, tapi bertemu dengan seseorang yang mungkin tidak pernah ia bayangkan sebelumnya.

Film yang disutradarai oleh Duncan Jones ini, dibintangi oleh Sam Rockwell, Dominique Mc Elligott, Kaya Scodelario, Malcolm Stewart. Untuk yang mengisi suara Gerty yaitu seorang aktor kawakan yang sudah malang melintang di dunia perfilman Hollywood ; Kevin Spacey.

Dari awal film ini anda akan dibawa bagaimana latar belakang perusahaan Lunar Industries dan bagaimana pekerjaan Sam Bell di bulan. Filmnya sendiri memiliki alur di awal yang begitu tenang hingga klimaks pada akhirnya. Akting Rockwell saya bilang sebenarnya bagus, ia terlihat mendalami karakter seorang Sam Bell. Berbeda dengan apa yang saya lihat di Conviction, disini ia seperti berusaha untuk berakting dengan karakter yang mungkin berbeda dari satu ke yang lain walaupun dengan karakter yang sama sebenarnya. Duncan Jones membawa film ini dengan sempurna dari awal hingga akhir, untuk shot demi shot mungkin hampir sama dengan film Source Code. Secara keseluruhan film ini gokil dan bagi anda yang suka dengan Source Code, saksikan film ini karena anda pasti tidak akan mengecewakan.

Cast : Sam Rockwell, Kevin Spacey, Kaya Socodelario, Malacolm Stewart
Director : Duncan Jones

Rating :
4.5/5

Movie Still :


























Senin, 18 Juli 2011

Review : The Adjustment Burreau (2011)


All I have are the choices I make, and I choose her, come what may. - David Norris. David Norris (Matt Damon), seorang anak muda yang berhasil mencalonkan dirinya untuk menjadi senator untuk daerah new york. Ia sempat ditebak - tebak akan memenangkan pemilihan tersebut, profil dirinya pun masuk kedalam majalah GQ. Namun ternyata semua itu harus dikubur dalam - dalam karena David mengalami kekalahan. Ketika ia ingin mengumumkan bagaimana perasaannya setelah kalah dalam pemilihan itu, David bertemu dengan seorang wanita bernama Elise yang ternyata seorang penari / balerina. Sejak pertemuan pertama itu, David langsung jatuh cinta terhadap Elise Sellas (Emily Blunt). Esok harinya saat David menggunakan bis kota untuk berangkat kerja ia kembali bertemu dengan Elise, disitu pula Elise memberikan nomor telfonnya. Namun ditengah perjalanan mereka akhirnya berpisah, saat menuju kantornya ada seuatu yang aneh terjadi. Keadaan kantornya berubah menjadi sepi dan semua orang terlihat diam saja. David yang melihat keadaan ini bingung, kemudian akhirnya ia bertemu dengan sekelompok orang yang memakai jas rapi dan topi fedora, orang - orang tersebut menamakan diri mereka Perencana Kehidupan. Disaat itu pula, perwakilan dari Perencana Kehidupan mengatakan bahwa David tidak boleh bertemu kembali dengan Elise atau bahkan berhubungan, karena sudah direncanakan bahwa jodoh David bukan Elise. Mereka pun mengancam, jika ia kembali bertemu, pikiran dari David akan diinstall ulang. Tapi apakah David Norris akan tetap mengikuti perintah tersebut / ia akan tetap mengejar Elise sampai kapanpun?

Kisah cinta berbalut sci-fi antara David dan Elise terdapat dalam film berjudul The Adjustment Bureau. Film ini dibintangi oleh Matt Damon, Emily Blunt, Florence Kastriner dan Jon Stewart. Untuk sutradaranya adalah George Nolfi. George Nolfi sebelumnya dikenal sebagai penulis cerita / screenplay untuk beberapa film yang dibintangi juga oleh Damon sebut saja, The Bourne Ultimatum dan Ocean's Twelve. Jadi terlihat bagaimana George telah mengetahui Damon dan begitupun sebaliknya.

Untuk dari segi cerita sebenernya tidak begitu biasa, karena jarang sekali film drama percintaan yang dibumbui aroma sci-fi. Untuk Damon di film ini saya lihat biasa saja, seperti saya melihat dia memainkan karakter Bourne yang dipenuhi dengan aksi kejar - kejaran. Mungkin perbedaan yang terlihat, ketika ia dipasangkan dengan Emily Blunt. Emily Blunt yang sebelumnya terlihat gagal dengan perannya di film Guliver's Travels bersama Jack Black, di film ini ia kembali menaikan rating kariernya dengan akting yang begitu menghayati. Diantara Blunt dan Damon terlihat adanya chemistry yang kuat. Alurnya sendiri dari film ini pada awalnya sangat lambat, namun pada akhirnya mencapai klimaks. Intinya film ini adalah film drama yang tidak biasa, yang pasti dapat juga dinikmati oleh pecinta film - film bergenre sci-fi.


Cast : Matt Damon, Emily Blunt, Florence Kastriner
Director : George Nolfi

Rating :
3.5/5

Movie Still :




















Senin, 11 Juli 2011

Review : Trust (2010)


Orang tua memang seharusnya menjaga anaknya, memperhatikan bagaimana tumbuh kembang anak itu. Jangan sampai orang tua merasa kebablasan, melihat anaknya telah hilang sesuatu yang berharga. Inilah yang terjadi dengan sepasang suami istri, Will dan Lynn. Kisah mereka terdapat dalam sebuah film berjudul Trust. Trust sebuah film drama yang dibintangi oleh Clive Owen, Catherine Keener dan Liana Liberato. Film ini disutradarai oleh David Schwimmer yang terkenal akan perannya di serial TV Friends.

Diceritakan seorang remaja wanita bernama Annie (Liana Liberato) yang sedang merayakan ulang tahunnya. Ia diberikan hadiah oleh sang ayah (Clive Owen) berupa sebuah laptop terbaru. Dari hadiah yang diberikan ayahnya itu Annie mencoba beberapa aplikasi dan website, termasuk Teen Chat. Di aplikasi web itu ia bertemu dengan seorang pria bernama Charlie, yang mengaku sebagai seorang remaja pria yang umurnya tidak jauh beda dengan Annie. Annie semangat sekali setiap ingin chat bersama Charlie. Namun di suatu hari Charlie membohongi Annie, ia bilang kepada Annie, jika umurnya sebenarnya 20 tahun. Annie merasa tersakiti, namun akhirnya ia mau memaafkan Charlie. Annie yang dulunya sosok yang pendiam dan menuruti perkataan orang tuanya, menjadi sosok yang berubah apalagi setelah ia bertemu dengan Serena kakak kelasnya. Akhirnya pada suatu saat Annie mendapatkan kesempatan bertemu dengan Charlie yang jauh - jauh datang dari luar kota, namun ternyata yang diharapkan Annie bukanlah Charlie yang sebenarnya. Charlie yang ditemuinya sudah berumur dan lebih terlihat seperti bapak - bapak. Disaat itu juga Charlie meminta maaf kepada Annie. Banyak rayuan yang Charlie katakan kepada Annie, tapi akankah Annie kembali memaafkan Charlie?

Film yang bener - bener memacu emosi dari awal hingga akhir. Film yang patut ditonton dan jangan dilewatkan.Clive Owen yang biasanya terlihat membawa senjata di setiap film actionnya, di film ini ia berubah total. Ia menjadi sosok seorang ayah yang memang begitu menyanyangi anak - anaknya dan juga sang istri. Cathrine Keener yang menjadi sang istri,
terlihat begitu sempurna mengimbangi karakter yang dimainkan oleh Clive Owen. Liana Liberato yang di film ini berperan sebagai Annie, terlihat sukses berakting. Ia terlihat begitu mendalami karakter Annie. Liana, sangat membuat saya hampir menteskan air mata ketika ia
mengakui kesalahannya. Fiuh. David Schwimmer yang biasa terlihat lucu di serial Friends, ternyata ia juga berbakat dalam menyutradarai film terutama film serius seperti Trust ini. Naskahnya bisa dikatakan biasa, tapi okelah. So intinya, Trust adalah film drama bertemakan keluarga yang harus disaksikan dan jangan dilewatkan.

Cast : Liana Liberato, Clive Owen, Catherine Keener
Director : David Schwimmer

Rating :
4/5

Movie Still :


























Minggu, 10 Juli 2011

Review : Last Night (2010)


I've saw you this morning, and in the middle of most nights when I can't sleep, I still replay you - Joanna. Dalam suatu hubungan pernikahan kadang ada sebuah masalah kecil, yang akhirnya malah berujung pada pertengkaran. Mulai dari rasa cemburu hingga terbongkarnya masa lalu hubungan sang istri / sang suami. Cerita inilah yang diangkat oleh seorang Massy Tadjedin, yang tidak hanya bertindak sebagai penulis naskah untuk film ini tapi juga sebagai sutradara. Inilah
kali pertama Massy bertindak sebagai seorang sutradara, karena sebelum - sebelumnya
ia hanya sebagai seorang penulis naskah saja. Dan film yang disutradarainya ini berjudul
Last Night. Last Night dibintangi oleh Keira Knightley, Sam Worththington, Eva Mendes
dan Guillaume Canet.

Diceritakan sepasang suami istri Joanna (Keira Knightley) dan Michael (Sam Worththington), suatu hari datang ke sebuah pesta kecil
milik sang teman untuk merayakan sesuatu. Di pesta tersebut Michael dan Joanna bertemu dengan
teman - teman kerja Michael, yang sudah menunggu kehadiran mereka. Di pesta tersebut, Michael bertemu
dengan kolega kerjanya, Laura (Eva Mendes). Dari pandangan jauh Joanna, yang ketika itu melihat Michael
bersama Laura, ia merasa ada sesuatu dibalik tatapan Laura terhadap Michael. Ia Menganggap Laura begitu menyukai Michael. Setelah dari pesta tersebut muncul pertengkaran kecil antara Michael dan Joanna, Joanna ingin Michael mengakui ada apa sebenarnya diantara mereka. Tapi ternyata Michael mengatakan dengan jujur, kalau sebenarnya tidak ada apa - apa diantara mereka. Joanna lebih khawatir lagi, karena Michael akan pergi bersama Laura dalam rangka trip untuk bekerja. Namun kekhawatiran Joanna terobati setelah ia bertemu dengan mantan pacarnya, Alex (Guillaume Canet). Namun bagaimanakah akhir jalinan pernikahan Joanna dan Michael? akankah mereka berpisah atau tetap bersama?

Film drama ini sebenarnya sudah memiliki cerita yang menjanjikan, sayangnya konflik yang dihadirkan
terasa terlalu cepat jadinya saya sebagai pecinta drama langsung merasa drop, ketika seharusnya berada di titik klimaks. Massy Tadjedin sebagai penulis naskah dan sutradara sudah bekerja dengan baik menurut saya. Dari segi cerita lumayan lah, tapi untuk dalam debut penyutradaraannya saya bisa bilang ok. Untuk akting entah kenapa saya rasa semuanya biasa saja mulai dari Knigtley, Worththingtonn, Mendes juga Canet. Mereka pun tidak memiliki chemistry, jadi tidak terlihat begitu connecting sama sekali walaupun sedang berada di kissing scene / sex scene. Jadi secara keseluruhan. Last Night film drama yang lumayan, cocok bagi yang suka akan drama dan bagi anda yang suka sama knightley, anda pasti akan terpuaskan melihat dirinya disini setelah sebelumnya di London Boulevard penampilannya hanya sebentar.

Cast : Keira Knightley, Sam Worththington, Eva Mendes, Guillaume Canet
Director : Massy Tadjedin

Rating :
2.5/5

Movie Still :













Jumat, 08 Juli 2011

Double Review : Arthur : The War Of The Two Worlds (2010), Arthur (2011)









Kemarin saat ada waktu kosong, saya memanfaatkan waktu untuk menyaksikan 2 film yang sama - sama berjudul arthur. Film pertama adalah Arthur : The War Of The Two Worlds dan yang kedua Arthur, yang dibintangi Rusell Brand dan Hellen Mirren.

Petualangan Arthur (Freddie Highmore) kembali berlanjut. Maltazard (Lou Reed) keluar dari dunia Minimoys dan datang ke dunia manusia untuk mengacaukan keadaan. Keadaanpun menjadi terancam. Arthur yang masih berada di dunia Minimoys mengajak Princess Selenia (Selena Gomez) dan Prince Betamache (Jimmy Fallon) untuk membantunya menyelamatkan dunia aslinya dari ide - ide jahat Maltazard. Dan dalam perjalanannya dari dunia Minimoys, Arthur beserta Selenia dan Betamache bertemu dengan Darkos (Iggy Pop), anak dari Maltazard. Keadaan makin menjadi kacau, akankah Arthur selamat menyelamatkan dunianya dari ide - ide jahat Maltazard?

Arthur : The War Of The Worlds adalah kelanjutan dari 2 seri Arthur sebelumnya. Film pertamanya Arthur and The Minimoys terus seri keduanya, Arthur : The Revenge Of Maltazard. Film animasi ini adalah film animasi adventure yang menurut saya keren. Grafisnya begitu terlihat halus tidak jauh dengan film animasi produksi studio - studio besar. Yang disayangkan dari film ini yaitu, ceritanya yang begitu tanggung dan seakan - akan emosi di film ini jadi turun. Di seri ke 3 ini ceritanya pun tidak terlalu serius, sepertinya sang sutradara ingin membuat film ini jauh lebih menyenangkan daripada 2 seri sebelumnya. Untuk karakter arthur masih dibintangi dan diisi suaranya oleh Freddie Highmore. Sedangkan Princess Selenia diisi suaranya oleh si cantik Selena Gomez, seperti film sebelumnya. Jadi secara keseluruhan film animasi ini adalah film yang lumayan menyenangkan dan sayang dilewatkan.


Cast : Freddie Highmore, Selena Gomez, Mia Farrow
Director : Luc Besson

Rating :
3/5


Arthur yang selanjutnya adalah sebuah film komedi yang dibintangi oleh Rusell Brand, Hellen Mirren dan Jennifer Garner. Film ini adalah remake dari film Arthur yang hadir di tahun 1981.
Sutradara film ini adalah Jason Winer, yang terkenal sebagai sutradara untuk beberapa episodes Modern Family.

Diceritakan Arthur (Rusell Brand) seorang pria, yang merupakan anak dari jutawan terkenal, Vivienne Bach (Geraldine James). Arthur kerjaannya hanya minum - minuman berakohol, membuat onar dan memacari banyak wanita. Suatu saat sang ibu sedang mengadakan acara pendonasian atas nama perusahaannya. Namun ternyata di hari yang sama dan waktu yang sama, Arthur bersama supirnya Bitterman (Luiz Gusman) membuat onar dan kejadiannya ternyata masuk kedalam surat kabar yang akhirnya membuat acara tersebut menjadi gagal. Si ibu merasa geram dengan tingkah laku anaknya. Karena terlalu kayanya keluarga ini, Arthur begitu jarang bertemu dengan ibunya. Selama hidupnya Arthur selalu bersama pengasuhnya bernama Hobson (Hellen Mirren), yang sudah dianggapnya sebagai pengganti sang ibu. Pada suatu hari Arthur akhirnya bertemu sang ibu dan pada saat itu pula, Vivienne memutuskan untuk menyetop pemberian uang kepada Arthur. Namun ternyata Arthur diberikan kesempatan untuk mendapatkan kembali kekayaan yang telah ia miliki sebelumnya jika ia mengawini Susan Johnson (Jennifer Garner), rekanan sang ibu.

Film yang sangat menghibur. Film ini begitu harus berterima kasih kepada Rusell Brand dan Hellen Mirren karena kualitas akting mereka yang begitu total di film ini. Rusell Brand membuat saya tersenyum dengan jokes - jokesnya. Sebelumnya saya belum melihat karya Jason Winer di Modern Family, tapi untuk film ini saya rasa Jason sudah melakukan penyutradaraan dengan baik, ia mengambil setiap shot dengan begitu indah. Jadi untuk konklusinya saya ingin bilang jika film Arthur adalah film yang menghibur, penuh drama dan begitu menyentuh perasaan.


Cast : Russell Brand, Jeniffer Garner, Hellen Mirren
Director : Jason Winer

Rating :
3/5